Selasa, 29 September 2015

Ponyo on the Cliff by the Sea

 Ponyo on the Cliff by the Sea (崖 の 上 の ポ ニ ョ, Gake no Ue ada Ponyo) adalah sebuah film animasi yang ditulis dan disutradarai oleh pembuat film anime terkenal Hayao Miyazaki dan diproduksi oleh studio anime Jepang Studio Ghibli. Ini adalah film yang kedelapan Miyazaki yang akan dibuat di bawah Ghibli. Plot berpusat pada ikan mas bernama Ponyo yang sangat ingin menjadi manusia. Dalam mengejar tujuan, dia berteman dengan seorang anak manusia lima tahun, Sosuke. Album ini dirilis oleh Toho pada 19 Juli 2008, di bioskop di seluruh Jepang.
Lagu tema untuk Ponyo dirilis pada tanggal 5 Desember 2007, dilakukan oleh Fujioka Fujimaki (duo terkenal Takaaki Fujioka dan Naoya Fujimaki) dan Nozomi Ohashi, yang baru berusia delapan tahun pada saat produksi film. Situs resmi untuk Ponyo juga dibuka pada tanggal 5 Desember 2007. Pada tanggal 6 Maret 2008, produser Toshio Suzuki mengumumkan bahwa Akiko Yano akan tampil untuk film juga.
HM Ratu Silvia dari Swedia diberikan sneak preview film bersama-sama dengan sutradara Hayao Miyazaki selama Raja dan Ratu kunjungan kenegaraan ke Jepang pada tanggal 29 Maret tahun 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar